Container Icon

SELAMAT DATANG 2017...

SELAMAT DATANG 2017...

CARA KIRIM SALAM KEPADA YANG JAUH


Kirim Salam Kepada Yang Jauh
Sudah menjadi tradisi di kalangan kita untuk saling berkirim salam kepada saudara kita melalui orang lain. Tetapi ada perilaku yang masih canggung bagi kita untuk berkirim salam, iaitu isi salamnya justeru seringkali tidak tersampaikan. Maka cara berkirim salam adalah sebagai berikut, iaitu melibatkan 3 pihak dan caranya masing-masing:
‎ ‎
Pertama, untuk pihak pengirim salam mestinya mengirim salam sekaligus menyebut lafaz salamnya, sebagai mana seseorang yang berkata, "Saya mahu kirim surat kepada si Fulan", maka tentunya dia akan mengambilkan surat tersebut dan diberikan kepada pengirimnya. Maka seorang pengirim salam ketika mengatakan, "Saya kirim salam buat si Fulan" dia harusnya menambahkan, (ورحمة الله وبركاته ‏‎ ‎‏ السلام عليك وعليه‏ ) "Assalaamu ‎‎‘alaika wa alaihi warahmtullaahi wabarakaatuh".
‎ ‎
Kedua, untuk pihak pembawa salam mestinya menyampaikan salam sekaligus isi salamnya. Sebagaimana Pak Pos yang berkata,"Ada surat untuk Encik" kemudian dia akan menyerahkan surat tersebut kepada orang yang dituju. Demikian pula seorang pembawa salam ketika berkata kepada orang yang dituju, "Si Fulan kirim salam kepada awak" maka salamnya harus disampaikan, ( السلام عليكم ورحمة الله وبركاته ) "Assalaamu ‎‎‘alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh".
‎ ‎
Ketiga, pihak penerima salam hendaknya membalas salam dari saudaranya sekaligus isinya. Maka seharusnya ketika dia berkata menerima salam dari sahabat atau saudaranya maka dia harusnya berkata, (ورحمة الله وبركاته‎ ‎وعليكم وعليه السلام )"Wa alaikum wa alaihis salaam‏ ‏ warahmatullhi wabarakaatuh".

Demikianlah seharusnya tertib cara mengirim salam kepada saudaranya melalui orang lain.

0 ulasan :

Post a Comment

http://www.englishexercises.org/makeagame/viewgame.asp?id=9988